Ad Under Header

Cara Menganalisis Saham yang Baik

Trading & investasi saham bukan hanya bicara tentang berapa besar profit yang anda peroleh. Di dalam dunia saham, anda harus bisa melakukan analisis saham yang layak, supaya saham-saham yang anda beli bisa membuahkan profit yang maksimal. 

Anda harus paham cara menganalisis saham yang baik. Analisis saham itu bukan hanya sekedar menekan tombol buy dan sell di harga tertentu pada layar online trading. 

Dalam menganalisis saham yang baik, ada beberapa hal penting yang harus anda lakukan, supaya anda tidak salah jalan. Baca pos ini sampai habis dan praktikkan: 

1. Analisis chart (grafik) 

Kalau anda ingin membeli saham yang bagus, anda harus menganalisis saham-saham secara spesifik. Dari analisis saham spesifik, anda bisa melihat saham-saham mana yang potensial untuk ditradingkan, yang punya peluang naik jangka pendek. 

Jika anda seorang trader, maka anda harus bisa membaca dan mempraktikkan analisis grafik (ANALISIS TEKNIKAL) untuk memilih saham-saham yang layak dibeli. 

Analisis teknikal adalah analisis utama untuk trader saham yang ingin mencari saham-saham potensial. Ada banyak analisis lain, tetapi di dalam analisa saham, analisa teknikal harus anda prioritaskan, karena psikologis pasar, pergerakan bandar, pola-pola saham dapat tercermin dari chart dan analisa teknikal itu sendiri.

Pelajari juga praktik2 analisis teknikal disini: Full Praktik Analisis Teknikal Saham Pemula - Expert.  

Grafik saham
2. Analisis fundamental 

Analisis fundamental harus anda kuasai untuk menganalisa dan memilih saham, karena pergerakan naik-turunnya saham sangat tercermin dari analisis fundamentalnya juga. 

Perusahaan yang punya fundamental bagus, akan tercermin dari harga sahamnya yang bagus pula (likuid, fluktuatif, lebih stabil), sehingga risikonya cenderung lebih kecil. 

Analisis fundamental adalah analisa utama yang digunakan untuk anda yang ingin INVESTASI SAHAM (investor). Oleh karena itu, anda yang ingin investasi saham, pelajari cara-cara menganalisis fundamental untuk memilih saham yang layak disimpan jangka panjang. 

Sebagai trader saham, anda pun juga harus paham dengan analisis. Seberapa penting analisis fundamental untuk trader? Kita sudah pernah bahas bersama disini: Perlukah Analisis Fundamental untuk Seorang Trader?

Pelajari juga analisis fundamental untuk memilih saham2 jangka panjang disini: Analisis Fundamental & Investasi Saham. 

3. Analisis market (IHSG, kondisi ekonomi, sentimen pasar) 

Analisis saham yang baik harus dilakukan dengan memahami dan menganalisis kondisi market dalam hal ini adalah kondisi IHSG. Anda harus menganalisa kecenderungan market saat itu, cenderung bullish, bearish, atau bahkan strong bearish. 

Pelajari selalu kondisi ekonomi, sentimen2 yang dapat mempengaruhi market, karena pergerakan saham seringkali dipengaruhi juga oleh berita dan sentimen2 pasar yang terjadi saat itu. 

Jadi, analisis market adalah analisis yang digunakan secara garis besar untuk melihat kondisi dan potensi market secara umum. Kalau market sedang jelek, anda harus lebih bisa menahan diri untuk membeli saham, demikian juga sebaliknya. 

Sedangkan analisis teknikal & fundamental adalah analisis yang lebih spesifik yang digunakan untuk membeli dan screening saham-saham pilihan. 

4. Waktu menganalisa saham yang tepat

Analisis saham yang baik harus dilakukan secara fleksibel. Intinya adalah: 

Menganalisis saham tidak harus dilakukan saat pasar saham sedang bagus 

Menganalisis saham tidak harus dilakukan saat jam trading berlangsung 

Melakukan analisa saham bisa dilakukan kapanpun, dalam keadaan pasar saham bullish maupun bearish. Jangan beranggapan bahwa kalau market lagi turun, anda nggak perlu menganalisa saham. Jangan beranggapan bahwa analisa saham itu lebih baik dilakukan saat market bullish. 

Analisis saham bisa dilakukan pada semua situasai market. Anda juga bisa menganalisis saham saat market saham tutup (closing), yaitu dengan cara menganalisa grafik / analisis teknikal, atau menganalisa fundamental emiten.  

Dan analisa saham bukan berarti anda harus membeli saham. Wait and see, mengamati pola2 market juga merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari analisis saham. 

Menganalisis saham itu fleksibel, dan ketika berbicara tentang saham, kita tidak hanya melulu bicara tentang profit. Analisis-analisis saham yang tepat sasaran inilah yang pada akhirnya akan membuat anda menjadi sophisticated trader / investor (Investor yang canggih, berpengalaman).  

Faktor-faktor lain yang harus anda kombinasikan dengan 4 poin diatas, yaitu mengontrol emosi trading / psikologis trading, mengelola manajemen modal, menyusun tradin plan. Yup, semua ini juga perlu anda perhatikan ketika trading, karena poin2 tersebut tidak bisa dipisahkan dari analisa saham. 
Mulya Hermana
Mulya Hermana
Seorang yang sangat menyukai ketenangan dan suka terhadap SEO dalam dunia blog dan youtube
Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.