Ad Under Header

Analisis Laporan Keuangan Perusahaan

Pada saat anda menganalisa saham-saham apa yang layak untuk dibeli, salah satu analisa penting yang harus anda lakukan adalah ANALISIS LAPORAN KEUANGAN. Membaca laporan keuangan adalah bagian dari analisis fundamental. 

Analisis laporan keuangan adalah analisis yang mempelajari kondisi keuangan suatu perusahaan, sehingga anda bisa mendapatkan suatu kesimpulan apakah suatu perusahaan dapat dikatakan memiliki kinerja keuangan yang sehat atau tidak. 

Anda yang memutuskan untuk terjun di dunia saham, sebenarnya anda harus paham membaca laporan keuangan. Walaupun anda seorang trader saham, minimal anda bisa membaca dan memahami laporan keuangan, karena analisis fundamental dibutuhkan oleh semua pebisnis saham. 

Bagi trader saham, menganalisis laporan keuangan bisa menjadi pelengkap dalam analisis trading anda. Hal ini karena seringkali saham2 yang punya kinerja bagus, pergerakan harga sahamnya cenderung lebih stabil, sehingga risikonya lebih kecil untuk trader. Pelajari juga: Perlukah Analisis Fundamental untuk Seorang Trader? 

Sedangkan untuk investor, analisis laporan keuangan adalah analisis UTAMA yang harus benar-benar anda pahami, karena analisis laporan keuangan adalah salah satu analisis yang menjadi dasar anda untuk memutuskan apakah suatu saham layak investasi atau tidak. 

Kalau anda ingin mempelajari laporan keuangan, maka anda harus memahami poin-poin penting di dalam analisis laporan keuangan. Yang harus anda pelajari dalam analisis laporan keuangan adalah sebagai berikut: 

- Membaca laporan keuangan 
- Memahami komponen-komponen dalam laporan keuangan
- Menganalisis rasio keuangan 
- Membaca perusahaan yang kinerja keuangannya baik / buruk
- Membaca laporan keuangan yang 'menjebak' investor 
- Membandingkan kinerja keuangan per sektor industri
- Mampu menginterpretasikan catatan atas laporan keuangan
- Memahami laporan keuangan untuk memilih saham bagus
- Memahami laporan keuangan untuk investasi saham 
- Memahami perusahaan yang unggul melalui laporan keuangan

Rekan-rekan yang ingin paham cara menganalisis laporan keuangan, plus strategi2 analisis fundamental untuk mencari saham2 yang layak diinvestasikan jangka panjang, anda bisa mempelajarinya disini: Ebook Analisis Fundamental Saham Pemula - Expert. 

Dengan analisis laporan keuangan, anda sudah menguasai lebih 50% analisis fundamental. Dan sisanya yang perlu anda pahami adalah analisis fundamental kualitatif (mengenali perusahaan), dan analisis makro ekonomi, serta strategi2 kapan investasi saham. 

Buat anda yang mau belajar saham, jangan mengabaikan untuk mempelajari laporan keuangan perusahaan (selain belajar grafik saham). Untuk mendapatkan data laporan keuangan, anda bisa download dengan mudah melalui situs www.idx.co.id. 

Kalau anda bisa membaca laporan keuangan, anda nantinya akan bisa menginterpretasikan perusahaan mana yang bagus dan tidak untuk dibeli. Di media masa, anda bakalan sering disuguhkan berita-berita tentang kinerja keuangan perusahaan. 

Misalnya: PT A labanya naik sekian persen. PT B labanya turun sekian persen. PT C utangnya naik sekian persen. Dengan paham analisis laporan keuangan, anda bisa menganalisa lebih dalam, apakah perusahaan yang labanya naik memang layak investasi atau tidak. 

Anda juga bisa menganalisis komponen-komponen laba, darimana laba diperoleh? Sebaliknya, kalau laba turun, anda juga bisa menganalisa apa penyebbab penurunan laba? Apakah kenaikan / penurunan laba sinkron pada harga sahamnya?

Jadi dalam belajar saham, jangan melupakan atau mengabaikan cara membaca dan analisis laporan keuangan
Top ad
Middle Ad 1
Parallax Ad
Middle Ad 2
Bottom Ad
Link copied to clipboard.